PENDAHULUAN
A.
Pengertian
Sekolah Berbudaya Lingkungan, perlu mendapat perhatian kita semua.
Alasannya sederhana, "Bumi kita semakin rusak" lingkungan tempat kita
berada
sudah tidak lagi memberikan rasa nyaman. Siapakah yang merusak Bumi ini, jangan sepenuhnya menyalahkan
pihak lain atau orang lain, kita pun terlibat di dalamnya. Adiwiyata merupakan program terhadap sekolah untuk mewujudkan sekolah berwawasan dan peduli lingkungan (Sekolah Berbudaya Lingkunngan). Adiwiyata mempunyai makna “Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan”. Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata adalah Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 02 tahun 2009 dan PP LH no 5 th 2013.
sudah tidak lagi memberikan rasa nyaman. Siapakah yang merusak Bumi ini, jangan sepenuhnya menyalahkan
pihak lain atau orang lain, kita pun terlibat di dalamnya. Adiwiyata merupakan program terhadap sekolah untuk mewujudkan sekolah berwawasan dan peduli lingkungan (Sekolah Berbudaya Lingkunngan). Adiwiyata mempunyai makna “Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan”. Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata adalah Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 02 tahun 2009 dan PP LH no 5 th 2013.
Dewasa ini kondisi alam sudah sangat mengkhawatirkan
seperti pemanasan global, polusi tanah, air, dan udara, longsor, cuaca ekstrim,
naiknya permukaan air laut akibat pencairan es di kutub dan sebagainya. Semua
itu terjadi akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Upaya
penyelamatan lingkungan ini tentu tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau
beberapa orang saja melainkan harus dilakukan oleh semua pihak. Kesadaran akan
pentingnya pemeliharaan lingkungan harus dilakukan sejak dini pada setiap
orang. Salah satu cara yang efektif adalah melalui lembaga pendidikan.
Menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk
menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian
hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya
penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan
sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di
Indonesia. Disamping pengembangan norma-norma dasar yang antara lain:
kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian
fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Serta penerapan prinsip dasar
yaitu: partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah
yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai
tanggung jawab dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus
dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komperensif.
Program adiwiyata adalah program terhadap sekolah yang mewujudkan sekolah
berwawasan dan peduli lingkungan
Dalam
meninggkatkan mutu pendidikan, SDN Mandalasari 02 telah menyusun Visi dan Misi sebagai
berikut:
1. Visi
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak terkait (stakeholders)
melakukan musyawarah sehingga visi tersebut benar-benar mewakili aspirasi semua
pihak yang terkait. Harapannya, semua pihak yang terkait dalam kegiatan
pembelajaran (guru/tenaga kependidikan, peserta didik, dan wali murid)
benar-benar menyadari visi tersebut untuk selanjutnya memegang komitmen
terhadap visi yang telah disepakati bersama. Adapun visi SD Negeri Mandalasari
02 adalah,
“ TERWUJUDNYA WARGA SEKOLAH YANG BERTAQWA, BERPRESTASI , BERKARAKTER DAN PEDULI LINGKUNGAN”
Dalam mewujudkan visi sekolah tersebut, berbagai pembenahan
telah dilakukan, diantaranya:
a.
Pembenahan
sarana dan prasarana
b.
Pembenahan
administrasi
c.
Pembenahan
mental guru/tenaga kependidikan, dan peserta didik
d.
Penataan
lingkungan sekolah yang sehat dan bersih
2. Misi
Untuk
mencapai visi sebagai sekolah yang bertujuan untuk tercapainya lulusan yang
berprestasi dan siap bersaing untuk meningkatkan mutu pendidikan, perlu
dilakukan suatu misii berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas dan
sistematis. Berikut misi SD Negeri Mandalasari 02 yang dirumuskan berdasarkan
visi sekolah.
a.
Mempersiapkan
siswa untuk menjadi insan yang unggul, beriman, bermoral, dan berakhlak mulia
b.
Mempersiapkan
siswa untuk memahami ilmu pengetahuan dan teknologi dasar
c.
Membentuk
sumber daya manusia yang aktif, kreatif, inovatif, dan berprestasi sesuai
dengan perkembangan zaman
d.
Membangun
citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat
e.
Melaksanakan
pembelajaran yang efektif
f.
Mempersiapkan
siswa untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi
g. Mewujudkan lingkungan yang sehat,
bersih, rindang dan asri sebagai upaya dalam pelestarian dan pengelolaan
lingkungan hidup
Dalam rangka mewujudkan misi
tersebut, sekolah berusaha menerapkan peraturan yang ketat sesuai dengan
kedudukan masing-masing dan menjalin komunikasi yang baik untuk menjamin
hubungan kerja yang harmonis.
3. Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah dijabarkan berdasarkan tujuan umum
pendidikan, visi, dan misi sekolah. Berdasarkan tiga hal tersebut, dapat
dijabarkan tujuan SD Negeri Mandalasari 02
adalah :
a.
Pemeliharaan
sarana dan prasarana yang berkesinambungan
b.
Menciptakan
lingkungan pendidikan yang kondusif bagi siswa, dengan pembinaan guru dan
pegawai secara berkesinambungan.
c.
Menumbuhkembangkan
budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang
diwujudkan dalam gerakan literasi sekolah yang diwujudkan dalam gerakan
literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat
d.
Menciptakan
lingkungan di dalam kelas yang dapat memotivasi siswa untuk mau belajar
e.
Memberikan
pendidikan tentang wawasan lingkungan
f.
Meningkatkan
IMTAQ dan IPTEK
g.
Meningkatkan
keterampilan siswa dengan bakat serta minat
h.
Meningkatkan
keterampilan siswa dalam kegiatan pengembangan diri
i.
Meningkatkan
kepribadian seutuhnya baik rohani maupun jasmani yang mencintai lingkungan.
j.
Ikut
berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan yang diadakan oleh tingkat Sekolah,
Gugus, Kecamatan dan Provinsi.
k.
Melakukan
pembiasaan membaca Asmaul Husna, membaca Al-Qur’an ( surat pendek) dan Shalat
Dhuha bersama.
l.
Mempersiapkan
siswa untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi
m. Menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, rindang dan asri
sebagai upaya dalam pelestarian dan
pengelolaan lingkungan hidup
Secara berkelanjutan, tujuan
sekolah tersebut akan dimonitor, dievaluasi, dan dikendalikan dalam kurun waktu
tertentu untuk mencapai hasil yang optimal.
Dari Visi dan misi di atas sudah terlihat bahwa SDN Mandalasari
02 ,memiliki komitmen yang nyata untuk menciptakan lingkungan yang baik dan
ideal untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika
yang akan menjadi dasar bagi peserta didik menuju terciptanya kesejahteraan
hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan. Lingkungan yang
baik dan ideal adalah lingkungan yang bersih, sehat dan rapi yang terbentuk
melalui budaya hidup bersih, sehat
B.
Tujuan
Program Adiwiyata bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi
sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah,
sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab
dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang
peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.
Disamping pengembangan norma-norma dasar yang antara lain: kebersamaan,
keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan
hidup dan sumber daya alam. Serta penerapan prinsip dasar yaitu: partisipatif,
dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi
keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab
dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara
terencana dan terus menerus secara komperensif.
Dalam hal ini SDN Mandalasari 02 berusaha mewujudkan sekolah yang bersih,
sehat, dan rapi yang didukung oleh seluruh warga sekolah. Bagi para siswa,
kegiatan partisipasi mendukung program Adiwiyata, di antaranya piket kelas,
Jumat bersih, kegiatan kebersihan melalui gotong royong , membawa tanaman bunga
dan tanaman toga dari rumah, ikut serta dalam pengolahan sampah , bakti sosial
dan berkebun.
1.
Komponen Adiwiyata
Untuk mencapai tujuan program Adiwiyata, maka
ditetapkan 4 (empat) komponen program yang menjadi satu kesatuan utuh dalam
mencapai sekolah Adiwiyata. Keempat komponen tersebut adalah;
a. Kebijakan
Berwawasan Lingkungan
b. Pelaksanaan
Kurikulum Berbasis Lingkungan
c. Kegiatan
Lingkungan Berbasis Partisipatif
d. Pengelolaan
Sarana Pendukung Ramah Lingkungan
2.
Indikator keberhasilan program adiwiyata
Keberhasilan Program Adiwiyata dapat diwujudkan melalui 4 indikator antara
lain:
1) Pengembangan
Kebijakan Sekolah yang diperlukan untuk mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
a.
Visi dan misi sekolah yang peduli dan berbudaya
lingkungan.
b.
Kebijakan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran
pendidikan lingkungan hidup.
c.
Kebijakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia
(tenaga kependidikan dan non-kependidikan) di bidang pendidikan lingkungan
hidup.
d.
Kebijakan sekolah dalam upaya penghematan sumber daya
alam.
e.
Kebijakan sekolah yang mendukung terciptanya
lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
f.
Kebijakan sekolah untuk pengalokasian dan penggunaan
dana bagi kegiatan yang terkait dengan masalah lingkungan hidup.
2) Pengembangan
Kurikulum Berbasis Lingkungan
a.
Pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran.
b.
Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup ke dalam
setiap mata pelajaran
c.
Penggalian dan pengembangan materi dan persoalan
lingkungan hidup yang ada di masyarakat
sekitar.
d.
Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan
budaya.
e.
Pengembangan kegiatan kurikuler untuk meningkatkan
pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.
3) Pengembangan
Kegiatan Berbasis Parsitipatif.
a.
Menciptakan kegiatan ekstra kurikuler/kurikuler di
bidang lingkungan hidup berbasis patisipatif di sekolah.
b.
Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang
dilakukan oleh pihak luar.
c.
Membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai
pengembangan pendidikan lingkungan hidup di sekolah.
4) Pengelolaan
dan atau pengembangan Sarana Pendukung Sekolah.
a.
Pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada
untuk pendidikan lingkungan hidup.
b.
Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam
dan di luar kawasan sekolah.
c.
Penghematan sumberdaya alam (listrik, air, dan ATK).
d.
Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat.
e.
Pengembangan sistem pengelolaan sampah.
BAB II
A. Kegiatan
Sosialisasi Program
1. Sasaran
kegiatan
a.
Pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah berjumlah 10
orang
b.
Siswa dari mulai kelas I-VI dan
para orang tua siswa
2. Tujuan
a. Agar guru,
siswa dan warga sekolah dapat memahami konsep sekolah adiwiyata
b. Agar guru,
siswa dan warga sekolah dapat meningkatkan paritisipasinya dalam membangun
sekolah adiwiyata.
c. Agar guru,
siswa dan warga sekolah mempunyai sikap tanggungjawab terhadap program kegiatan
adiwiyata.
3. Pelaksanaan
a.
Untuk guru pada bulan februari minggu kesatu
b.
Untuk siswa bulan februari secara serempak oleh guru
kelas masing-masing
c.
Untuk orang tua melalui rapat sekolah dan surat edaran
dari sekolah
d.
Untuk warga sekolah lainnya melalui papan pengumuman,
brosru dan pamplet di sekolah.
B. Gerakan
Jumat Bersih (Jumsih)
Yaitu kegiatan kerja bakti ringan di sekitar sekolah untuk menjaga
kebersihan yang dilaksanakan setiap hari jumat, diikuti oleh semua warga
sekolah mulai dari guru, siswa, penjaga sekolah dan kepala sekolah selama
kurang lebih 20 menit.
1. Tujuan
Kegiatan
a. Menciptakan
kebersamaan dalam upaya kepedulian terhadap lingkungan.
b. Pendidikan
pembiasaan agar siswa selalu peduli terhadap kebersihan dan keindahan
lingkungan.
c. Agar
selalu menjaga kondisi lingkungan sekolah tetap bersih dan indah, bebas dari
sumber penyakit.
2. Pelaksanaan
a. Setiap hari
Jumat sebelum masuk kurang lebih 20 menit
b. Melibatkan
seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya.
c. Sasarannya,
ruang kelas, halaman didepan kelas, taman sekolah, kaca jendela, pembuangan air
limbah dan halaman depan sekolah.
C. Kegiatan
Lomba Kebersihan Kelas
Kegiatan lomba kebersihan kelas ini dilaksanakan
penilaiannya setiap 1bulan sekali oleh guru
yang dilakukan secara silang, hasil penilaian dalam setiap bulan di umumkan dalam upacara bendera pada hari
senin, kepada pemenang kebersihan diberikan alat-alat kebersihan.
Tujuan Kegiatan lomba kebersihan kelas ini untuk
memberikan motivasi kepada para siswa agar tetap selalu menjaga kebersihan
kelasnya masing-masing. Dan pembiasaan agar siswa tetap senang dalam menjga
kebersihan lingkungan.
D. Penataan
Taman Sekolah
Kegiatan ini yaitu kegiatan menata kembali taman
sekolah dengan maksud agar taman selalu tumbuh dengan baik dan terpelihara
kegiatan ini diantaranya sebagai berikut:
1. Menambah
tanaman penghijauan baik yang di depan kelas maupun yang ada dibelakang kelas.
2. Memberi
pupuk dan menata kembali tanaman di taman sekolah
3. Membersihkan
taman dari sampah dan rumput liar yang mengganggu.
4. Memberikan
nama atau label pada tanaman yang ada di sekolah.
E. Membuat
Penunjang Pembiasaan
Dalam kegiatan ini sekolah akan membuat perangkat
pendidikan dalam rangka meningkatkan kesadaran kepada siswa, diantaranya akan
mengembangkan lagu-lagu yang berkaitan dengan lingkungan dan moto-moto yang
berkaitan dengan lingkungan berupa spanduk panflet dan mading.
F. Melengkapi
Tempat Cuci Tangan
Dalam rangka meningkatkan pembiasaan perilaku hidup
bersih salah satunya yaitu membiasakan anak untuk mencuci tangan ,di SDN
Mandalasari 02 seluruh kelas sudah dilengkapi dengan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun dan lap tangan,dengan
tujuan agar anak mencuci tangan sebelum makan,sebelum bekerja dan sesudah bekerja. Diharapkan perilaku cuci tangan ini menjadi bagian yang
otomatis, refleks untuk menjaga kesehatan dirinya.
G. Pembiasaan
Buang Sampah
Yaitu kegiatan ini diawali oleh sekolah dengan membuat
atau menyediakan tiga macam tempat samapah yaitu tempat sampah berwarna merah (
samapah yang berbahaya),warna hijau ( samapah Organik) dan tempat samapah yang
berwarna Kuning ( Sampah An organik ), tujuannya yaitu agar anak terbiasa
membuang sampah pada tempatnya dan bisa memisahkan mana sampah organik dan mana
sampah yang anorganik. Sehingga kebiasaan ini menjadi bagian dari perilakunya.
H. Memelihara
dan Menanam Pohon
Kegiatan ini bertujuan agar anak memiliki sikap rasa
sayang terhadap tanaman, memahami pentingnya keberadaan tanaman untuk kehidupan
manusia, membantu agar Sekolah tetap hijau.
Kegaiatan penanaman pohon ini dilakukan selain di
sekolah dilakukan juga di rumahnya masing-masing bagi yang memiliki lahan, atau
bisa juga memakai pas bunga, atau ikut menanam di tempat orang lain saudaranya
yang telah mengijinkan, paling sedikit satu anak satu pohon. Guru memberi tugas
dan siswa melaporkan pertumbuhan pohon yang ditanamnya setiap seminggu sekali
atau sebulan sekali. Dan bila perlu di foto pohonnya.
I. Membuat
Apotek Hidup
Kegiatan ini bertujuan agar siswa mengetahui jenis
tanaman obat-obatan dan tahu mamfaat dari tanaman obat-obatan, bisa menanam
tanaman obat-obatan sendiri. Dalam kegiatan ini sekolah menyiapkan area untuk
ditanami oleh tanaman obat-obatan, bisa dengan menggunakan pas bunga dengan
menggunakan lahan yang ada di sekolah.
J. Memamfaatkan
Bahan Bekas/ Daur Ulang
Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi keberadaan
sampah baik di sekolah maupun di rumah atau dilingkungan sekitar, untuk itu
agar anak bisa kreatif dalam dirinya untuk berusaha memamfaatkan barang bekas
agar menjadi berguna kembali dengan tetap selalu menjaga kebersihannya.
Mislanya oleh guru diajak membuat keterampilan dari barang-barang bekas,
membuat alat-alat dari barang bekas dan sebagainya. Hasilnya digunakan/
dimamfaatkan oleh anak atau dipajang di kelas masing-masing.
K. Bank
Sampah
Yaitu kegiatan sekolah mengumpulkan sampah melalui
siswa secara bertahap dan dicatat oleh koordinator pengumpul sampah dikelasnya
masing-masing kemudian jika sudah banyak sampah tersebut dijual kepada
pengumpul. Dalam kegiatan ini guru memotivasi dan menilai hasil kerjasama
siswa. Uang hasil penjualannya dilaporkan dan dimamfaatkan untuk kegiatan
peduli lingkungan.
L. Membangun
Lubang Serapan Air
Di halaman (Lapangan Olahraga) sekolah telah dibuat
serapan air sebanyak 3 buah, sehingga air limbah sekolah ini sebagaian sudah
diserap melalui penyerapan,. Besar lubang serapan standar sesuai yang
dianjurkan oleh DLH kab.Bandung
M. Membuat
Lubang Biopori
Pembuatan lubang biopori sudah dilakukan oleh sekolah
bersama-sama dengan siswa sampai saat ini yang suadah dibuat baru 3 lubang
Biopori terletak di Taman sekolah, didepan ruang kelas 5 dan 6 (
sekitar taman dan green house). Fungsi
biopori selain untuk penyerapan air juga membantu dalam pembusukan sampah
organik.
BAB III
P E N U T U P
Program adiiwiyata (sekolah peduli dan berbudaya
lingkungan) di laksanakan di SDN Mandalasari 02 dengan
tujuan adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat
pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga
sekolah dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan
hidup dan pembangunan berkelanjutan.
Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan
sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar di Indonesia.
Disamping pengembangan norma-norma dasar yang antara lain: kebersamaan,
keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan
hidup dan sumber daya alam. Serta penerapan prinsip dasar yaitu: partisipatif,
dimana warga sekolah terlibat dalam
manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh
kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komperensif.
Sebuah program tidak akan berhasil jika tidak di
landasi kemauan, kerja keras, dan keikhlasan dalam pelaksanaannya. Untuk itu
hanya dengan inovasi dan motivasi untuk sama-sama bersatu hati, bertekad kuat,
dan semangat juang yang berkesinambungan.
Atas kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak kami
ucapkan terimaksih, semoga program kerja adiwiyata di dapat berjalan dengan
baik.
1 Komentar
Sekolah yang luar biasa. Pasti diperlukan kepemimpinan yng bagus dan kerja sama yg solid dr semua pihak.
BalasHapusSemoga selalu sukses.